applying for a job

Berhubung Emak gw suka dapet kerjaan untuk mewawancara pelamar kerja, gw jadi tau beberapa tips-tips buat pelamar kerja. According to my Mom experience yaitu:

1. buat CV semenarik mungkin. Ngga perlu di kertas daur ulang warna Pink dengan wangi parfum Kenzo Flower kaya di Legally Blonde tapi cukup CV yang jelas, padat, informative, dan eye catching.

2. tulisan di CV yang rapih ya. Jangan berantakan banyak typo atau Tab nya kacau mencong sana sini. Kesannya ngga niat jadinya.

3. kalo untuk foto CV, fotonya di scan aja ke kertas CV. Ngga usah dicetak dulu. Ngga praktis aja gitu kayanya.

4. masih soal foto, mukanya diusahakan terlihat anak baik, agak nelangsa sedikit (ceritanya butuh kerjaan), tapi jangan terlalu melas, muka terlihat ceria, bersemangat, tapi jangan kecentilan. Mukanya juga jangan jutek-jutek kesannya kaya sombong gitu loh. Pokonya buat muka secakep dan seprofesional mungkin. Rambut di-blow kek, dicatok kek diapain kek. Biar rapih. Ada tuh yang fotonya kaya Profile Picture Friendster, pake baju Sleeveless lagi duduk di atas kasur trus difoto dari Angle atas (What on earth????) yang kaya begitu jangan ditiru ya anak-anaaaak. Mungkin dia salah ngasih lamaran kali ya.

5. informasi yang ditulis di CV sebaiknya ngga usah terlalu panjang kali lebar samadengan luas persegi panjang. Ngga usah tulis prestasi kamu jadi juara ngaji pas TK atau rangking 3 pas SMP atau jadi model sampul majalah pas SMA. Cukup prestasi di bidang organisasi, kursus informal yang menunjang karir, ataupun training dan seminar yang pernah dihadiri.

6. tulis juga pengalaman kerja yang kira-kira menunjang pekerjaan yang kamu lamar saat ini. Biasanya pewawancara mempertimbangkan job desc kita di pekerjaan sebelumnya apa.

7. kata Emak gw, perusahaan lebih suka merekrut pelamar yang sedang bekerja dibanding yang udah pernah kerja tapi lagi nganggur. Karena kalo yang lagi nganggur dan jarak waktu dengan masa terakhir kerja nya cukup lama, takutnya otaknya udah tumpul. jadi jangan asal napsu resign dari tempat kerja ya.

8. trus ini penting nih. Kalo ditanya expected salary, ngga usah ragu-ragu buat ngajuin angka yang kamu mau. Misalnya resepsionis kalo di pasaran gajinya 3 juta, tapi kamu pengen gajinya 5 atau 4 juta. Ya ajuin aja segitu. Karena perusahaan biasanya udah nge-budgetin khusus mau ngasih gajinya berapa. Kalo over-budget, perusahaan akan minta untuk turunin. Tapi kalo kamu terlanjur matok gaji nya lebih rendah dari budget mereka, yaaa perusahaannya seneng, kamunya nelangsa. Perusahaan ngga akan naekin gaji lebih dari yang kamu minta. Jadi jangan ragu buat matok gaji, asal kamu matoknya juga tau diri aja sesuai dengan kemampuan dan pengalaman. jangan tiba-tiba fresh graduate mintanya 15 juta gitu.

9. dan pas wawancara, Percaya Diri aja. tapi jangan over-confidence yang jatohnya jadi belagu.

Itu aja sih tips-tips nya. Semoga bermanfaat buat yang pada mau ngelamar kerja. Soalnya kemaren gw iseng-iseng gerecokin Emak milih-milih CV pelamar, yang pertama diliat itu pasti foto (kalo udah tahap wawancara ya which means udah ngelewatin seleksi administrasi). Setelah itu baru diliat pengalaman, prestasi dan pendidikan.

Goodluck!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s