another traffic jam

Tadi malem, Jakarta macetnya ampun-ampunan. Seperti biasa karena hujan yang pas banget turun ketika jam pulang kantor. Genangan air dimana-mana. Mobil motor melambat. Jadinya macet panjang. Belom lagi kejadian yang truk container jalan mundur di tanjakan sukses membuat ringsek lima mobil di belakangnya. Apes banget ya itu mobil lima. Makanya kalo lagi di jalanan jangan jalan di belakang truk atau container apalagi truk molen gitu. Siapa yang tau kalo rem mereka kendor trus tiba-tiba nimpa mobil di belakangnya??

Pertamanya saya keluar kantor jam setengah 7. pas nyampe loket Transjakarta, ternyata tiket nya ngga dijual aja gitu. Karena armada-armada nya yang nyangkut entah di mana dan di halte nya pun penumpang membludak banyak bangeeeet.

Akhirnya daripada nunggu sesuatu yang pasti dateng tapi hanya Tuhan yang tau kapan datengnya (kaya Jodoh ya??) saya akhirnya memutuskan buat naek kopaja. Ternyata itu kopaja udah kaya tempat sendok aja gitu. Tumpuk-tumpukkan bok dalemnya. Ngga boong deh. Keburu ilfil ngeliat kopaja yang udah kaya sarden, akhirnya saya memutuskan JALAN KAKI SODARA-SODARAAAA. Dari Mampang sampe Ambasador. Ngga jauh-jauh banget sih. Cuma tetep aja, harusnya saya direkrut jadi Brand Ambassador nya Anlene nih, udah jalan 20000 langkah.

Sebenernya jalan kaki ngga papa juga sih. Tapiiii masalahnya adalah fasilitas untuk pejalan kaki yang sangat tidak memadai. Trotoar itu bentuknnya udah ngga kaya trotoar. Tapi kaya kubangan kebo. Udah mana aernya seperempat betis, tanah nya becek lembek. Saya jalan sambil nangis, serius deh. I know it’s silly. Dan bukannya mau niruin film-film Korea yang jalan kaki ujan-ujanan sambil nangis, tapi ini saya nangis karena jijik, kesel, takut, sedih. Iiiihh.

Jijik karena aernya buteeeek buanget. Lebih butek dari aer kolam ikan saya. Mana tingginya seperempat betis. Udah ngga tau lagi deh itu binatang apa aja yang nempel di kaki saya atau yang saya injek. Ngebayangin ada bekicot di bawah situ kan siapa yang tau ya. Eeeeewwwwh.

Kesel karena sepatu kesayangan saya nasibnya udah kaya sandal swallow yang suka dipake buat nyangkul. Butek. Lepek. Ngga berbentuk. Aaaarggh. Sepatu gwwww!! Kesel karena di tengah-tengah antrian kendaraan yang ngga gerak sama sekali masih adaaaa aja pejabat yang pengen ngeduluin. Berusaha nyalain sirene biar mobil-mobil lain pada minggir. Minggir ke mane nyoooong??jelas-jelas itu mobil pada matiin mesin semua saking ngga geraknya. Emang dasar deh, emang yang punya urusan situ doang??hah udah ah keterusan deh emosinya.

Nah kalo takut, takut karena itu kan gelap banget ya, jalanan di bawah ngga ada yang bisa liat. Saya takut saya nginjek galian lubang apa gitu kan ya trus keseret tenggelem ngga ada yang tau atau scenario lebih buruk, kesetrum aliran listrik dari tiang listrik. Sumpah deh. Saya ngga mau aja mati konyol kaya gitu.

Sedih karena kenapa siiiih buat pejalan kaki itu fasilitas nya mengenaskan banget??kayanya kalo di jalanan itu kasta pertama adalah pengendara mobil. Kasta kedua pengendara motor. Kasta ketiga pengendara sepeda. Kasta keempat pejalan kaki, pendorong gerobak, dll dll.


picture from here

Padahal saya udah seneng dan salut dan bangga banget ngeliat orang-orang yang bersepeda ke kantornya. Tapi fasilitas buat mereka itu masih minim banget. Coba kalo trotoar di bagusin. Saya mau deh tiap hari jalan dari kantor ke Ambas. (boong bangeeett!!e gila betis gw bisa segede Maradona deh)

Tapi jalan kaki sepanjang jalan kuningan kalo dijalanin dengan hati kesel jadi ngga berasa loh. Soalnya sibuk ngedumel ngga berasa tiba-tiba udah sampe Ambas. Berasa deh susahnya jadi orang yang ngga berkendaraan. Harus rela sepatu jadi ancur, kaki jadi tempat tinggal baru buat cacing-cacing dan segenap keluarganya, muka belel. Aaaaahh. Sudahlah. Enjoy Jakarta. —> tipe anak pasrah banget ya gw.

Leave a Reply

