When is my turn??

Tring.

Begitu suara BlackBerry gw berbunyi menandakan ada notifikasi baru di account Facebook gw. Begitu dibuka isinya undangan pernikahan temen kuliah. Sebenarnya ngga begitu temen deket sih cuma kan jaman sekarang ya, jaman ngundang kondangan bukan pake kode asap lagi tapi udah via Facebook, BlackBerry Messenger, dll ga heran kalo yg dateng tamunya ngelebihin jatah katering, kalo bisa seantero Facebook diundang semua deh.

Nah ga beberapa lama which is sedetik kemudian, yes that fast!, temen gw bbm, wah gw udh curiga nih kayaknya mau ngomentarin si anu yg mau nikahan. Dan benar saja, teman gw sebut saja namanya Blake Lively, pergaulan kelas worldwide dong gw, histeris..”lo liat undangannya si anu kan? Semua orang nikah! WHEN IS MY TURN???!!!!”

She is one of my bestfriend actually, the sweetest one for exact, tapi saat itu pengen gw timpuk rasanya. Kenapa? Karena…

Satu. Dia punya pacar ya, sedangkan gw berstatus jomblo elit nan elegan bahkan gebetan pun tak ada.

Dua. Di bulan maret ini 2 teman geng gong gw di kantor masing-masing nikah di 2 minggu berturut turut.

Tiga. Gw 24 tahun. Si Blake Lively ini juga 24 sih tapi sebentar lagi 25. Hehehe.

Nah yang harusnya teriak when is my turn itu siapaaaa?

Mereka-mereka yang sudah berpacar tapi belum dinikahi atau wanita JEE macam gw yang bahkan gebetan pun tak ada??

Hoaaaash. Jd emosi.

Sebetulnya sih pertanyaan when is my turn itu juga sempat berputar-putar di kepala gw.

Temen SMP yg tiba-tiba udah punya anak, temen SMA yang menjadi newlyweds, dan temen kuliah yang bak nikah berjamaah. SEMUA orang aja nikah. Lah gw kapan??!

Pernah gw saking frustasinya gw ngedumel sendiri di depan kasir ketika gw sedang membeli segelas cappucino.
“si ini nikah, si itu nikah, semua aja nikah”
Dan si mas kasir ini kayanya kepo dengan gw yang ngomel-ngomel sendiri, dia bilang “tenang aja mbak kalo 30 hari dari sekarang mbak belum nemu jodoh juga, mbak kesini lagi aja, saya tungguin mbak deh”

Mungkin kalo itu jadi adegan film korea, akan terlihat menjadi adegan oh-so-sweet, apalagi kalo Lee Min Ho yang ngomong, tapi di kehidupan nyata that was kinda scary actually. Mungkin karena dia juga bukan Lee Min Ho, just a total stranger that doesn’t look like Lee Min Ho.

Anw, back to topic, Padahal umur gw masih 24 loh. Kalo di daerah mungkin cw umur 20 blm nikah udah di baca-baca orang pinter kali ya. Tapi ini kan kotaaaa. Di kota modern jaman sekarang gini cewe umur 32 belom nikah itu macam biasa aja. Ya amit-amit sih gw juga ngga mau jadi perawan tua.

Banyak yang bilang lo ngejar karir ye? Palalo ngejar karir, ngejar laki berkarir iye!

Gw juga pengen banget melepas posisi gw sebagai budak korporasi, bikin bisnis sendiri (dengan tambahan modal dari suami), nganter anak sekolah, belanja, nyalon, kursus menuang teh, dan lain-lain. Semacam kehidupan pernikahan itu indah sekali bagai dongeng dan solusi dari segala masalah gw semasa lajang.

“ets jgn salah, lo jgn nganggep nikah itu nyelesain masalah loh car.” kata seorang teman yg cantik ruarrrr biasa, digilai banyak pria, umur 29, dan lajang!

Setelah gw pikir-pikir iya juga ya, selama ini gw mikir pernikahan adalah solusi dari ketiadaan duit gw buat belanja, travelling, nyalon, atau dari kejenuhan gw dengan pekerjaan, atau dari kestresan gw menghadapi jakarta atau bahkan hanya untuk sekedar yg-penting-kondangan-ada-temennya.

Mungkin pernikahan lebih dari itu. Pernikahan bukan berarti solusi dari semua masalah. Tapi bisa jadi pernikahan adalah masalah baru.

Dan ketika mencari jawaban when is my turn, gw berpikir toh ngga guna juga nanya ke manusia lain. Bukannya yang namanya jodoh itu salah satu urusan Tuhan? Kenapa harus nanya ke orang lain mereka jelas ngga tau apa-apa since they know nothing about our destiny. Tidak orang tua kita, sahabat, tetangga, dukun apalagi boss kita.

Tanya aja sama diri sendiri, mengingat kita sendiri yang tahu seberapa jauh kita berusaha. Dan tanya aja sama Tuhan, kapan nih kita nikah??

Atau mungkin ngga usah peduli sekalian kalo ada yang nikah. Karena kan semua orang punya waktunya masing-masing. Bukankah begitu bukan?

Regards,
Carissa

4 thoughts on “When is my turn??

  1. A-not-so-confident-and-not-so-willing-to-marry-you-boyfriend, is not that helpful
    *curcol*

    kecup manis,
    Blake Lively

    1. MUAHAHAHHAHAHHA, MUAHAHAHAHHA, btw tapi seneng kan gw kasih nama samaran Blake Lively. Belom waktunya aja mungkin, ntar pastia da waktu yang pas, mungkin karna kalian seumuran #eh #JadiSessionCurhat

  2. Caaaarr, at certain point, our melayu culture makes a marriage looks like a deadline.
    Do not be bothered for every wed invitation.

  3. emberaaaan tiiiink. pas kuliah ditanya kapan lulus, abis itu ditanya kapan kawin, abis itu ditanya kapan hamil. ah banyak sekali tuntutan hidup. udah gitu kan katanya kalo cewe ada masa expired nya tiiink, makanya orang-orang suka apda panik kalo ngeliat cewe belom nikah, even when u r only early 20 -.-“

Leave a Reply

